Berita Foto

BERITA FOTO : Kunjungan Anies ke Gereja Portugis

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan Melakukan kunjungan ke Gereja Sion, yang dulu dikenal dengan nama Gereja Portugis (Portugeesche Buitenkerk). Ia membuat tulisan singkat tentang kunjungannya itu. SNN mengutipnya secara utuh. 

 Satu lagi tempat ibadah bersejarah di daerah Mangga Dua yaitu Gereja Sion atau dulu dikenal sebagai Gereja Portugis (Portugeesche Buitenkerk).

Kemarin silaturahmi ke sini, kedatangan kami disambut hangat oleh Ibu Pdt. Fransien Ihalaw-Hukom S.Th (Ketua Majelis Jemaat GPIB Sion) dan Bapak Waspo Yuwono (Kepala Tata Usaha Gereja Sion). Mereka banyak bercerita tentang sejarah gereja tertua di Indonesia bahkan Asia ini.

Selesai dibangun pada 1695 menjadikan gereja ini sebagai gedung tertua di Jakarta yang masih dipakai untuk tujuan semula seperti saat awal didirikan. Gereja ini pernah dipugar pada 1920 dan sekali lagi pada 1978.

Gereja ini sudah berusia 326 tahun, dan telah ditetapkan sebagai situs cagar budaya nasional berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Nomor 475 Tahun 1993 dan Surat Keputusan Menteri Nomor 193/M/2017. Sehingga dirawat secara berkala oleh petugas Balai Pelestarian Cagar Budaya Pemprov DKI Jakarta, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Diajak berkeliling melihat semua isi dan fasilitasnya. Menakjubkan karena banyak perabotan yang masih asli sejak dulu. Beberapa kursi berukiran bagus dan bangku dari kayu hitam atau eboni masih juga dipakai.

Kursi-kursi itu ditaruh berjarak dan diberi nomor, karena saat ini gereja memang sudah dibuka kembali dengan protokol kesehatan untuk jemaat terbatas dan harus mendaftar online dulu. Kuota dibatasi maksimal 25% dari kapasitasnya 400 orang, sementara yang lain mengikuti ibadah lewat live streaming.

Yang paling terkenal di gereja ini adalah orgel (organ pipa) gereja buatan 1860 yang sampai sekarang masih terawat baik. Organ ini diletakkan di balkon yang disangga empat tiang langsing. Sempat mencoba juga orgel yang berusia ratusan tahun ini.

Di Gereja Sion juga terdapat beberapa makam, beberapa Gubernur Jendral Hindia Belanda dimakamkan di sini, kini hanya tersisa 11 makam. Makam-makam lainnya sudah dipindahkan ke Museum Taman Prasasti.

Usianya yang tiga abad lebih kita melihat ada beberapa fasilitasnya yang butuh perbaikan. InsyaAllah kita akan bantu perbaiki sesuai kapasitas Pemprov DKI, tentu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait karena statusnya sebagai cagar budaya nasional.

Apakah di dekat tempat tinggal teman-teman ada bangunan/ tempat ibadah bersejarah seperti ini juga? (*)

Berita Foto Lainnya

PKS Kecam israel photo_camera
BERITA FOTO: PKS Kecam israel
INTERNASIONAL Kamis, 20 Mei 2021
Kedai Kopi Indonesia di Mesir photo_camera
BERITA FOTO: Kedai Kopi Indonesia di Mesir
EKONOMI Selasa, 11 Mei 2021
Keindahan Cherry Blossom di Bertastrasse  photo_camera
BERITA FOTO: Keindahan Cherry Blossom di Bertastrasse 
INTERNASIONAL Selasa, 13 April 2021
F-PAN DPR-RI Disambangi TP3 Kasus KM50 photo_camera
Geliat Pasar Kebayoran Lama photo_camera
BERITA FOTO: Geliat Pasar Kebayoran Lama
JAKARTA Sabtu, 03 April 2021
Dubes dan Diplomat RI di Kairo Ikut Latihan Tapak Suci photo_camera
Sidang Terbuka, tapi Tertutup untuk Umum photo_camera
PPOP Ragunan Kini Berlevel Internasional photo_camera
Doa untuk Keselamatan Bangsa di Harlah ke-98 NU photo_camera
Begini Cara Singapura Atasi Covid-19 photo_camera
BERITA FOTO: Begini Cara Singapura Atasi Covid-19
INTERNASIONAL Jumat, 26 Februari 2021
Gubernur Anies Berjibaku Atasi Banjir photo_camera
BERITA FOTO: Gubernur Anies Berjibaku Atasi Banjir
JAKARTA Sabtu, 20 Februari 2021