INTERNASIONAL

Minneapolis Bayar Rp386 M untuk Keluarga George Floyd

Minneapolis Bayar Rp386 M untuk Keluarga George Floyd
ADIL TANPA RASIALISME - Foto sampul akun twitter Walikota Minneapolis Jacob Frey. Tampak Frey di tengah anak-anak. (foto: ist)
Laporan dari Wartawan SNN, Mibsam H Bahanan di Washington, DC.

MINNEAPOLIS - Pemerintah Kota Minneapolis membayar 27 juta Dolar Amerika atau Rp386 Miliar, kepada keluarga George Floyd, yang tewas akibat lehernya ditekan oleh kepolisian setempat. Pembayaran ini sudah diputuskan oleh Dewan Kota Minneapolis, untuk menyelesaikan gugatan kematian yang diajukan Juli lalu.

“Setahun terakhir ini telah mengubah kota kami secara dramatis, dan hari ini menandai pencapaian lain dalam membentuk masa depan yang lebih adil untuk Minneapolis. Penyelesaian kami dengan keluarga George Floyd mencerminkan komitmen bersama untuk memajukan keadilan dan dorongan berkelanjutan untuk kemajuan,” demikian cuitan Walikota Minneapolis Jacob Frey di akun Twitter miliknya, Sabtu (13/3/2021), terkait dengan kebijakan dalam menghadapi gugatan keluarga George Floyd tersebut.

Dalam gugatan perdatanya, keluarga Floyd menuduh mantan polisi Minneapolis Derek Chauvin, dan tiga petugas lainnya yang terlibat dalam kematian Floyd, melanggar hak konstitusionalnya dengan menyebut, "penggunaan kekuatan yang tidak dapat dibenarkan, berlebihan, dan ilegal, dan mematikan."

Gugatan itu juga menuduh Departemen Kepolisian Minneapolis dan kota itu bertindak dengan sebutan ‘ketidakpedulian yang disengaja’ dalam memaafkan praktik polisi yang tidak konstitusional, sebagai penyebab kematian George.

Sebagaimana dikutip dari BuzzFeed.News, Jumat (12/3/2021) disebutkan, Dewan Kota Minneapolis dengan suara bulat memberikan suara untuk menyetujui penyelesaian selama pertemuan hari Jumat. Ini lima hari setelah pemilihan juri dalam persidangan pidana yang sedang berlangsung untuk Chauvin, yang didakwa dengan pembunuhan tingkat dua, pembunuhan tingkat dua, dan pembunuhan tingkat ketiga atas pembunuhan Floyd. Mei lalu.

Selain itu, Dewan Kota juga memutuskan angka 500 ribu Dolar Amerika untuk  untuk kepentingan komunitas 38th Street dan Chicago Avenue, tempat kematian Floyd yang kini dikenal luas sebagai George Floyd Square.

"Tidak ada jumlah uang yang bisa mengatasi rasa sakit atau trauma hebat yang disebabkan oleh kematiannya kepada keluarga George Floyd atau orang-orang di kota kami," kata Presiden Dewan Kota Lisa Bender setelah pemungutan suara. 

Sementara pengacara keluarga Floyd mengatakan, keputusan Dewan Kota ini merupakan penyelesaian pra-sidang terbesar dalam kasus kematian yang melanggar hak sipil dalam sejarah AS.

"Kematian mengerikan George Floyd, yang disaksikan oleh jutaan orang di seluruh dunia, menimbulkan kerinduan yang mendalam dan tuntutan yang tak terbantahkan untuk keadilan dan perubahan," kata Benjamin Crump, salah satu pengacara, dalam sebuah pernyataan. 

Menurut dia, kasus kematian Floyd menjadi pesan yang kuat bahwa kehidupan kulit hitam memang penting dan kebrutalan polisi terhadap orang kulit berwarna harus diakhiri.

Sedangkan Saudara laki-laki Floyd, Rodney Floyd mengatakan, kesepakatan itu merupakan langkah yang diperlukan bagi keluarga untuk mendapatkan kesepakatan. "Warisan George untuk orang-orang yang mencintainya akan selalu menjadi semangat optimismenya, bahwa segala sesuatunya bisa menjadi lebih baik,” kata Rodney Floyd mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sedangkan adiknya, Bridgett Floyd, pendiri George Floyd Memorial Foundation berkata,"Sementara hati kami hancur, kami terhibur karena mengetahui bahwa bahkan dalam kematian, George Floyd menunjukkan kepada dunia bagaimana cara hidup." (*)

Berita Lainnya