NASIONAL

WOW, Jaksa Tuntut Habib Rizieq 6 Tahun Penjara Dalam Kasus RS UMMI!

WOW, Jaksa Tuntut Habib Rizieq 6 Tahun Penjara Dalam Kasus RS UMMI!
LEBIH BERAT - Habib Rizieq Shihab

JAKARTA - Jaksa penuntut umum menuntut Habib Rizieq Shihab dalam kasus tes swab di RS Ummi Bogor, Jawa Barat,  selama enam tahun penjara. Jaksa meminta majelis hakim yang memeriksa dan mengadili perkara itu memutuskan terdakwa Habib Rizieq Shihab terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar Pasal 14 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana Juncto Pasal 55 Ayat 1 Kesatu KUHP.

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa selama enam tahun penjara," kata anggota JPU membacakan surat tuntutan untuk Habib Rizieq dalam persidangan di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (3/6).

Selain itu JPU menyebutkan hal yang memberatkan Habib Rizieq di antaranya klaim eks pimpinan Front Pembela Islam atau FPI itu yang menyatakan dirinya sehat saat dirawat di RS UMMI Bogor menimbulkan keonaran.

Habib Rizieq juga dianggap telah menghambat program pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 karena menolak hasil tes usap PCR-nya dilaporkan pihak RS UMMI ke Satgas Covid-19 Kota Bogor.

"Terdakwa tidak menjaga sopan santun dan berbelit-belit dalam memberikan keterangan," lanjut jaksa.

Tuntutan di RS UMMI ini lebih berat dari dua kasus sebelumnya, yakni untuk kasus kerumunan Petamburan dan Megamendung yang telah dituntut masing-masing 10 bulan dan 2 tahun penjara. Serta tambahan pidana dilarang berkecimpung dalam keormasan selama 3 tahun.

Sedangkan untuk dua kasus itu,  Habib memvonis ringan dari tuntutan jaksa.  Yakni delapan bulan penjara dalam perkara kerumunan Petamburan, dan denda Rp 20 juta untuk perkara kerumunan Megamendung. (dil)

Berita Lainnya