NASIONAL

Indonesia Dapat Bantuan Alkes dari Singapura 

Indonesia Dapat Bantuan Alkes dari Singapura 
TERIMA KASIH - Menteri Luar Negeri Singapura Dr Vivian Balakrishnan (baju putih) dan Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo (baju batik) mengecek bantuan sebelum bertolak ke Jakarta (foto: kedubes RI)

SINGAPURA - Indonesia yang tengah menghadapi lonjakan kasus Covid-19 mendapat bantuan alat kesehatan dari Singapura. Bantuan tersebut berupa tabung oksigen, ventilator dan beragam alat pelindung diri (APD). menyerahkan paket bantuan tersebut, kepada  Duta Besar Indonesia untuk Singapura, Suryo Pratomo, Jumat (9/7/2021). 

“Kita tahu varian Delta menular dengan sangat cepat. Kita berharap agar Indonesia dapat segera mengendalikan kasus penularannya,” kata Vivian Balakrishnan saat penyerahan bantuan, di Paya Lebar Air Base Singapura.

Bantuan ini, sebagaimana dilaporkan wartawan SNN di Singapura, Karina Joedo, bersumber dari  Ministry of Defence (Mindef) dan Singapore Armed Forced (SAF). 

Menurut Menlu Vivian Balakrishnan, bantuan akan disalurkan melalui Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Paket yang terdiri dari 10 ribu tabung oksigen, ventilator dan beragam kebutuhan APD tersebut, dikirim dalam 2 tahap, melalui udara dan laut. Dua pesawat C-130 akan dikerahkan untuk membawa masing-masing seberat  5 ton bantuan.

Pesawat Hercules Angkatan Udara Singapura langsung terbang menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jumat (9/7/2021), membawa 200 ventilator, 250 tabung kosong 30 oksigen concentrators masker dan APD.

Sedang bantuan lewat laut akan diberangkatkan pada 11 Juli 2021, menggunakan kapal Angkatan Laut Singapura, menuju Pelabuhan Tanjung Priok. Kapal ini membawa 756 tabung oksigen cylinder. Diperkirakan tiba di Tanjung Priok pada hari Rabu (14/7/2021).

Dubes RI untuk Singapura, Suryopratomo saat menerima bantuan mengatakan, dalam situasi sulit seperti saat ini, dimana peningkatan kasus Covid-19 yang begitu tinggi, yang paling dibutuhkan adalah sahabat sejati.

“Singapura menunjukkan sebagai sahabat sejati bagi Indonesia. Bukan hanya Pemerintah Singapura yang begitu cepat memberikan bantuan, tetapi juga perusahaan serta masyarakat Singapura yang terpanggil untuk memberikan bantuan bagi penanganan COVID-19 di Indonesia,” kata Suryopratomo yang dipanggil Tommy itu.

Ia menyampaikan apresiasinya kepada pemerintah Singapura, atas bantuan tersebut. Ia pun berharap, bantuan yg diberikan bisa membantu Indonesia melawan Pandemi ini. (*)

Berita Lainnya