OPINI

Kenapa NU Harus Berpolitik?

Kenapa NU Harus Berpolitik?
foto: ilustrasi
Catatan Gus Aam Wahib Wahab, ketum KKNU 1926/NU KHITTAH.


Para Kyai, Habaib & Gus yg terhormat, mohon dibaca dan disimak. Tulisan Saya sendiri ini yang dirangkum dari beberapa narasumber dengan tema  Kenapa Nahdlatul Ulama (NU) harus berpolitik?

Orang-orang NU butuh berpolitik. Para Kyai tidak bisa dilepaskan dari kegiatan

politik. Menurut salah satu pendiri NU KH Wahab Chasbullah, politik bagi orang NU itu ibarat air dan teh. Mustahil dipisahkan.

Pengurus NU, orang-orang NU, anak-anak muda NU, harus mengerti dan menyadari bahwa NU yang dianut masyarakat kita  menggaris bawahi satu tanggung jawab sangat substantif dalam berpolitik dan dalam bernegara. Yang kini hilang yaitu tanggung jawab pemenuhan kemaslahatan, pemenuhan kesejahteraan dan kebutuhan jaminan keamanan. Secara fisik, batin, individual dan kolektif.

Dimana Pemerintah yang seharusnya memenuhi kebutuhan masyarakat,  memenuhi kesejahteraan masyarakat, menjamin ketertiban kehidupan rakyat serta membentengi gangguan dari dalam maupun musuh dari luar, apalagi dalam wadah NKRI. 

Inilah ide negara yang diperjuangkan para pendiri NU melalui Resolusi Jihad 1945, 

 yakni negara sebagai sarana untuk melengkapi dan mewujudkan kemaslahatan umat manusia.

Di Kalangan Kyai dikenal dengan istilah Tasharruful Imam ala ra'iyyah manuthun bil Mashlahah (kebijakan seorang penguasa kepada rakyatnya ditujukan untuk memenuhi kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakatnya).

Ada Tiga tujuan penting dari strategis bernegara yang menjiwai hakikat Pemerintah yang dibela dan diperjuangkan oleh orang-orang NU. Pertama, siapapun yang berkuasa, harus senantiasa melindungi sumber kehidupan yang paling asasi. Kedua, menjaga negeri ini dari berbagai macam gangguan dari dalam maupun luar. Serta ketiga, kewajiban memelihara tradisi beragama - kebudayaan bangsa kita 

Inilah yang dimaksud NU berpolitik pada level kebangsaan politik tingkat tinggi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan, pengetahuan, serta menambah keyakinan kita semua. (*)

Berita Lainnya