JAKARTA

NICE Indonesia Latih ROOTS Edu 8 Sekolah Jabodetabek

NICE Indonesia Latih ROOTS Edu 8 Sekolah Jabodetabek
SEKOLAH ALAM - Salah satu target program NICE Indonesia. (foto: ist)

JAKARTA - Cara mendidik siswa dewasa ini memiliki tantangan tersendiri bagi para guru. Terlebih di era milenial saat ini, para guru dihadapkan dengan perubahan kondisi siswa yang sangat dinamis. Menyikapi hal ini, NAMA Integrated Center of Excellence (NICE) Indonesia menggelar program pengembangan kapasitas dan pendampingan bagi para pendidik yang dinamai dengan Program ROOTs Edu.

“ROOTS Edu merupakan sebuah program pengembangan kapasitas dan pendampingan bagi para pendidik yang diinisiasi oleh NAMA Foundation serta diimplementasikan oleh NICE Indonesia bagi 24 Sekolah di Jabodetabek. Kegiatan ini dilakukan secara bersama secara global di 3 Negara yakni Indonesia, Kyrgyzstan dan Tanzania,"  kata Dasril Guntara CEO NICE Indonesia kepada wartawan, Jakarta, Kamis (16/09/2021).

Dijelaskan Dasril, ROOTS Edu memiliki tujuan untuk meningkatkan kompetensi mengajar para guru, dengan memberikan metode pengajaran atau teknik fasilitasi kelas terbaru yaitu FIRST Framework. Teknik ini dikembangkan oleh NAMA Foundation yang berbasis di Malaysia berkolaborasi bersama NICE Indonesia yang mengubah paradigma pengajaran dari semula berfokus pada guru, menjadi berfokus kepada murid. 

Untuk tahun ini ada sejumlah sekolah yang menjadi penerima manfaat dari program ROOTs Edu antara lain SMPIT Latansa Cendekia, Sekolah Islam Sinar Cendikia, SMA Muhammadiyah 13, SMPIT Cordova, Sekolah Alam Indonesia, SMP Ummu’l Quro Depok, SMPIT Kaifa, dan SMP Negeri 12 Depok. Tahun ini program dilaksanakan dalam 6 angkatan, yang dimulai sejak bulan Maret hingga berakhir di bulan September ini.  

Sementara itu,  acara yang dikemas dengan apik ini mendapatkan respon positif dari sejumlah peserta yang mengikuti program tersebut, dimana program ROOTs Edu banyak membuka wawasan bagi para guru.

"Terima kasih, tiga hari pelatihan yang luar biasa, membuka wawasan kita dalam proses pendidikan anak-anak," ucap Budi Haryanto, Kepala Sekolah Sinar Cendekia.

NICE Indonesia merupakan institusi social enterprise yang bergerak untuk peningkatan kapasitas dalam bidang pendidikan dan sektor ketiga. Misi NICE Indonesia adalah untuk memperkuat masyarakat dan organisasi melalui pengembangan kapasitas dalam pengelolaan dana, penciptaan program yang berdampak kuat, serta pelayanan pengembangan manusia untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik. NICE Indonesia sendiri adalah anak usaha Yayasan Wafa Indonesia Gemilang yang merupakan mitra strategis NAMA Foundation di Indonesia. (dil)

Berita Lainnya