NASIONAL

Ingin Jadi Komisioner KPU-Bawaslu Pusat, Ini Tahapan dan Syaratnya

Ingin Jadi Komisioner KPU-Bawaslu Pusat, Ini Tahapan dan Syaratnya

JAKARTA - Tahapan pemilihan komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu sudah dimulai. Presiden melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/P TAHUN 2021 tanggal 8 Oktober 2021, menetapkan pembentukan Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Masa Jabatan 2022 – 2027. 

“Tim Seleksi akan bekerja untuk menghasilkan 14 nama Calon Anggota KPU dan 10 nama Calon Anggota Bawaslu yang akan diserahkan kepada Presiden selama 3 bulan sejak tim seleksi dibentuk,” kata Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu Juri Ardiantoro, melalui siaran pers yang diterima Satu Indonesia News Network (SNN), Sabtu (16/10/2021).

Dikatakan, Tim seleksi melaksanakan tahapan kegiatan seleksi secara objektif dalam jangka waktu paling lama tiga bulan setelah tim seleksi terbentuk. Ini sesuai dengan ketentuan Pasal 23 ayat (4) dan Pasal 119 ayat (4) UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum.

Tahapan seleksi, menurut Juri, akan dimulai dengan Pengumuman Pendaftaran seleksi bakal Calon Anggota KPU dan Bawaslu pada 18 Oktober 2021 lusa. Selain bekerja secara profesional dan independen, untuk menambah bobot kualitas seleksi, Tim Seleksi juga akan melakukan beberapa langkah, antara lain Keterbukaan untuk menjamin akses informasi kepada publik. Kemudian, partisipatif untuk memberikan kesempatan kepada publik memberikan kritik, masukan, dan temuan atas proses dan profil calon.

“Selain itu, kerjasama dengan menggandeng individu dan institusi yang kompeten dan kredibel di bawah kontrol Tim Seleksi untuk membantu kelancaran dan efektifitas kerja, serta membantu memberikan data dan informasi sehingga Tim Seleksi mendapatkan profil calon secara lengkap,” jelas Juri.

Dalam kesempatan ini,  Tim Seleksi mengundang para kandidat yang memenuhi persyaratan dan memiliki kepedulian, untuk segera mendaftarkan diri menjadi Calon Anggota KPU dan Calon Anggota Bawaslu untuk mewujudkan Pemilihan Umum berintegritas demi masa depan Indonesia yang demokratis. 

Lantas, apa saja syarat untuk menjadi komisioner KPU dan Bawaslu? Menurut Juri, yang pasti adalah warga Negara Indonesia. Kemudian, antara lain, pada saat pendaftaran berusia paling rendah 40 empat puluh tahun, memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, dan kepartaian untuk calon anggota KPU.

“Untuk anggota Bawaslu, memiliki pengetahuan dan keahlian yang berkaitan dengan penyelenggaraan Pemilu, ketatanegaraan, kepartaian dan pengawasan Pemilu untuk calon anggota Bawaslu,” ujarnya.

Syarat lainnya, berpendidikan paling rendah strata 1 (S1), mengundurkan diri dari keanggotaan partai politik sekurang-kurangnya lima tahun pada saat mendaftar sebagai calon, mengundurkan diri dari jabatan politik, jabatan di pemerintahan, dan/atau badan usaha milik negara/badan usaha milik daerah pada saat mendaftar sebagai calon. Tidak pernah dipidana penjara berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap karena melakukan tindak pidana yang diancam dengan pidana penjara 5 (lima) tahun atau lebih, serta tidak berada dalam ikatan perkawinan dengan sesama Penyelenggara Pemilu.


Berikut tahapan seleksi calon Komisioner KPU dan Bawaslu Pusat

  1. Pengumuman Pendaftaran : 15 Okt - 17 Okt 2021
  2. Penerimaan Pendaftaran : 18 Okt - 15 Nov 2021
  3. Penelitian Administrasi : 10 Nov - 16 Nov 2021
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Tahap I : Penelitian Administrasi : 17 November 2021
  5. Seleksi Tertulis dan Makalah
    • Pelaksanaan Tes Tertulis dan Makalah: 24 November 2021
    • Penilaian Makalah : 25 Nov - 28 Nov 2021
  6. Tes Psikologi : 25 November 2021
  7. Pengumuman Hasil seleksi tahap II : 3 Desember 2021
  8. Tes Psikologi Lanjutan (Dinamika Kelompok) : 9 Des - 11 Des 2021
  9. Tes Kesehatan :26 Des - 30 Des 2021
  10. Wawancara Bakal Calon Anggota Bawaslu : 26 Des - 27 Des 2021
  11. Wawancara Bakal Calon Anggot KPU: 28 Des - 30 Des 2021
  12. Penyampaian Hasil ke Presiden : 7 Januari 2022

 


 

Berita Lainnya