NASIONAL

Jakarta Siap-siap PPKM Level 3

Jakarta Siap-siap PPKM Level 3
PTM DISTOP SEMENTARA - Anies Baswedan

JAKARTA - Kasus Covid-19 melonjak di Jakarta. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengusulkan agar Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Ibu Kota naik ke level 3 menyusul lonjakan Covid-19 beberapa waktu terakhir. 

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria mengatakan, usulan itu telah disampaikan dalam rapat yang digelar yang langsung dipimpin Anies bersama Ketua Satgas PPKM Jawa-Bali, Luhut Binsar Panjaitan, Rabu (2/2/2022).

"Iya, itu kita mempertimbangkan perlu dipertimbangkan, apakah tetap dilevel 2 atau level 3," ujar Riza kepada wartawan di kompleks Balai Kota, Rabu (2/2/2022).

Namun, Riza menekankan bahwa hal itu masih bersifat usulan. Ia mengaku tak bisa memutuskan sepihak kenaikan level PPKM di Jakarta, termasuk status level PPKM di Jawa.

Menurut Riza, pemerintah harus mempertimbangkan kenaikan level PPKM di DKI menyusul lonjakan kasus Covid-19, yang diduga karena varian Omicron.

"Prinsipnya kita harus melakukan kesiap-siapan semua, dalam rangka menghadapi adanya peningkatan Covid-19 maupun Omicron," kata dia.

Selain mengusulkan kenaikan level PPKM, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diketahui juga mengusulkan agar pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah dihentikan sementara.

Merujuk laporan harian kasus Covid-19, DKI per Rabu (2/2) mencatat kenaikan kasus sebanyak 5.093 kasus, sehingga jumlah kasus aktif kini menjadi 41.974 orang yang masih dirawat.

Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat, dari total kasus aktif, 39.434 orang di antaranya merupakan transmisi lokal. Sedangkan, sisanya adalah pelaku perjalanan luar negeri.

"Sementara itu, kasus positif baru berdasarkan hasil tes PCR hari ini bertambah 9.132 orang sehingga total kasus 928.875, yang mana 8.626 di antaranya (94,5%) juga merupakan transmisi lokal," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, Dwi Oktavia dalam keterangannya, Rabu (2/2). (sa)

Berita Lainnya