OPINI

Keutamaan Salat Berjamaah

Keutamaan Salat Berjamaah

Catatan Habib Rassya Aljufrie

Shalat lima waktu adalah kewajiban yang paling utama bagi setiap muslim dan muslimah. Selain merupakan salah satu rukun Islam setelah dua kalimat syahadat, shalat wajib (lima waktu) juga merupakan sebuah pembeda antara seorang muslim dan kafir.

Shalat merupakan amal ibadah yang menjadi pondasi atau ibarat tiang bagi bangunan Islam. Apabila pondasi sebuah bangunan tidak kokoh, maka kehancuran bangunan tersebut tinggal menunggu waktu saja.

Bagi kaum muslimin khususnya laki-laki, hendaknya mengerjakan shalat lima waktu secara berjamaah di masjid. Selain merupakan amal ibadah yang mulia, shalat berjamaah di masjid juga memiliki banyak keutamaan.Berikut adalah keutamaan dalam salat berjamaah.

1. Mendapatkan Pahala Berlipat

Keutamaan yang pertama tentunya kita akan menerima pahala yang berlipat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa dengan kita salat berjamaah kita akan mendapatkan pahala yang banyak. Bahkan, hanya melakukan salatnya saja, kita telah diberikan pahala sebesar 27 kali lipat.

Terlebih untuk saat-saat tertentu. Seperti contohnya, salat subuh apabila dilakukan berjamaah maka akan mendapatkan pahala yang lebih banyak, yaitu 119 kali lipat. Di mana hal tersebut telah tercantum pada hadis yang berkata, “Seseorang yang melaksanakan salat subuh berjamaah, maka orang itu akan mendapatkan pahala 119 kali dibandingkan dengan salat sendiri.” (H.R Muslim).

Selain salat subuh, salat isya jika dilakukan secara berjamaah juga akan mendapatkan pahala yang lebih banyak, yaitu 59 kali lipat. Hal ini juga telah dijelaskan dalam hadis yang mengatakan bahwa, “Seseorang yang melaksanakan salat isya berjamaah, maka dia akan dapat pahala 59 kali lipat.” (H.R Muslim).


2.  Terhindar Dari Kemunafikan

Kemunafikan adalah salah satu sifat yang tidak disukai, bahkan dibenci oleh Allah Swt. Pada dasarnya kemunafikan ini adalah sifat yang diciptakan dengan sengaja atau ketika seseorang mengaku telah mengikuti semua ajaran Islam tetapi ia sebenarnya menolak dalam hati. Kemunafikan ini adalah sifat tercela karena ia hanya berpura-pura beribadah.

Salah satu keutamaan salat berjamaah adalah dapat mencegah kemunafikan. Pasalnya, ketika seseorang rajin salat di masjid, mencerminkan bahwa ia tidak merasa terbebani saat akan salat. Seseorang dikatakan munafik jika salat berjamaah ini tidak disebutkan dalam hadis berikut. 

“Aku telah melihat bahwa orang yang meninggalkan salat jamaah, hanyalah orang-orang yang munafik. Di mana ia adalah munafik tulen. Karena bahayanya meninggalkan salat jamaah sedemikian adanya, ada seseorang yang sampai didatangkan dengan berpegangan pada dua orang sampai ia bisa masuk dalam saf”. (HR Muslim).

3.  Mendapat Doa dari Malaikat

Siapa yang tidak ingin para malaikat mendoakan kita? Pasalnya, doa malaikat ini sering kali dikabulkan oleh Allah Swt. Ternyata, saat salat secara berjamaah, kita akan cenderung menerima doa dari malaikat. Apalagi berada di saf paling depan saat salat berjamaah. Hal ini dijelaskan dalam hadis yang mengatakan bahwa, “Sesungguhnya para Malaikat memberikan sholawat kepada orang-orang yang berada di saf pertama.” (HR. Ibnu Hibban).

Setelah keluar hadis tersebut, kemudian para sahabat pun bertanya kembali. “Apakah juga kepada orang-orang yang berada di saf kedua wahai Rasulullah?” lalu, Rasul pun menjawab, “Juga kepada orang-orang di saf kedua.” (Hasan: HR. Ahmad).


4.  Mendapat Lindungan Pada Hari Kiamat

Jika seorang selalu tekun dalam salat berjamaah, khususnya di masjid, maka dia sudah termasuk golongan yang akan dilindungi di hari kiamat nanti. Tentu saja, ini sangat nyaman dan akan membantu ketika hari penghakiman tiba. Seperti yang dijelaskan dalam hadis.

“Ada tujuh golongan yang dinaungi kelak di hari kiamat, salah satunya adalah orang yang hatinya terpaut dengan masjid. Seorang pemuda yang hatinya terikat dengan masjid, orang-orang itulah yang akan mendapat perlindungan Allah saat hari Kiamat kelak.” (HR. Al Bukhari).

5.  Diampuni Dosa-dosanya

Kita tahu pasti bahwa kita penuh dengan dosa dan kesalahan. Namun terkadang kita malah terbiasa menambah dosa dan tidak menambah perbuatan yang bisa menghapusnya. Sebenarnya ada banyak cara dan amalan sederhana yang bisa dilakukan untuk menghapus segala dosa yang ada. Salah satunya berkaitan dengan keutamaan salat berjamaah.

Hal ini dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat dari Utsman bin Affan yang berkata bahwasanya pernah mendengar Rasulullah bersabda bahwa, “Barang siapa berwudu untuk melaksanakan salat, lalu dia menyempurnakan wudunya, kemudian dia berjalan untuk menunaikan salat wajib yaitu dia melaksanakan salat bersama manusia atau secara berjamaah atau melaksanakan salat di masjid, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya.” (HR. Muslim).

6.  Mendapatkan Hikmah

Ada banyak keutamaan yang menyertai keutamaan dalam salat berjamaah. Tidak hanya pahala dan berbagai balasan yang berlimpah, tetapi ada begitu banyak pelajaran yang bisa kita ambil. Tentu saja ketika kita salat berjamaah, banyak pelajaran yang didapat dari syiar Islam, ukhuwah, tanda persahabatan hingga toleransi. 

Dari Zain bin Tsabit, bahwasanya Rasulullah SAW, bersabda.

“Sebaik-baiknya salat adalah salat (kalian) di rumah kalian, kecuali salat fardu”. Sabda Rosul ini menjelaskan bahwasanya selain salat fardu, maka lebih baik dikerjakan di rumah. Namun, khusus untuk salat fardu lebih afdal jika dilakukan di masjid secara berjamaah.


Seperti yang sudah disebutkan, salat berjamaah di masjid bisa membawa banyak hikmah. Hikmah yag akan didapatkan adalah sebagai berikut:

·            Salat berjamaah di masjid dapat digunakan sebagai media umat Islam dan media dakwah bagi masyarakat luas dan masyarakat. Dengan cara ini, kita dapat lebih mendidik satu sama lain tentang Islam dan semua orang di sekitar kita akan lebih memahaminya.

·            Kebanyakan dari kita sering terobsesi dengan hal-hal duniawi. Seperti pekerjaan misalnya yang sering kali membuat masyarakat kurang berbaur bahkan kurang mengenal satu sama lain. Hikmah melakukan salat berjamaah tentunya untuk menjalin tali silaturahmi atau ukhuwah yang baik dengan tetangga. Dengan begitu, urusan kita pun bisa semakin dipermudah karena hubungan baik ini bersama orang lain.

·            Shalat berjamaah pun bisa membuat kita lebih menghargai perbedaan. Seperti yang kita tahu, meskipun dari kita sama-sama umat Islam, kadang kala tata cara atau gerakan salatnya ada perbedaan. Bahkan bisa saja perbedaan lain berdasarkan kelas, etnis, dan sebagainya. Namun ketika keduanya dijadikan menjadi satu untuk salat jamaah, semuanya tampak terlihat hanya sedikit perbedaan.

Bagaimana pun, melaksanakan shalat berjamaah punya banyak sekali keutamaan dan keistimewaan. Bukan saja pahala yang akan kita dapatkan dengan melimpah, namun juga dosa yang mampu dihilangkan dengan mudah atas ketentuan Allah.

Bahkan, hubungan kita pun akan lebih baik dengan sesama manusia. Dengan menjalankan shalat berjamaah, tentu hubungan dengan Allah, hubungan dengan manusia, bisa terealisasi dengan sempurna dan penuh dengan keberkahan. (*)

Berita Lainnya

Keutamaan Menghafal Alquran
Keutamaan Menghafal Alquran
OPINI Jumat, 09 September 2022