HEADLINE

Ridho: Alhamdulillah, Mediasi Sepakat Verifikasi Ulang

Ridho: Alhamdulillah, Mediasi Sepakat Verifikasi Ulang

JAKARTA - Mediasi yang dilakukan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) terhadap Partai Ummat dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berakhir dengan kesepakatan, akan menggelar verifikasi ulang di dua daerah yang sebelumnya dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Mediasi lima jam itu disebut-sebut sebagai mediasi yang berlangsung cair sehingga mampu menghasilkan kesepakatan terbaik pada kedua belah pihak yang bersengketa.

“Alhamdulillah mediasi terakhir hari ini menghasilkan kesepakatan yang menjadi jalan terbaik, khususnya bagi Partai Ummat. Sepakat untuk melaksanakan verifikasi ulang khusus di daerah yang TMS, yakni NTT dan Sulawesi Utara,” kata Dr. Ing. H. Ridho Rahmadi, S.Kom., M.Sc, ketua umum Partai Ummat dalam jumpa pers melalui Zoom Meeting, Selasa (20/12/2022).

Hadir dalam jumpa pers tersebut antara lain Ketua Dewan Majelis Syuro Amien Rais, Ustadz Sambo, Ketua Tim Hukum Prof Denny Indrayana dan Wakil Ketua Umum Nazaruddin.

Proses verifikasi menurut Ridho akan dimulai Rabu (21/12/2022), yang diawali dengan verifikasi administrasi hingga verifikasi faktual. “Waktunya hanya 10 hari. InsyAallah kami menyelesaikan tahapan ini,” jelas Ridho.

Ia menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang turut terlibat dalam proses ini. Khususnya kepada Bawaslu yang telah menjalankan fungsi dan tanggung jawabnya dengan sebaiknya-baiknya, sehingga menghasilkan kesepakatan sebagaimana yang mereka harapkan.

Sementara kuasa hukum DPP Partai Ummat Prof Denny Indrayana menjelaskan, dengan adanya kesepakatan ini, maka proses sengketa tidak berlanjut ke ajudikasi. “Kita jalani dulu tahapan sebagaimana hasil kesepakatan ini. InsyaAllah kita bisa menyelesaikannya dan Partai Ummat menjadi peserta Pemilu 2024,” ujar Denny. (sa)

Berita Lainnya